Membuat Topeng Muka Lepas Out Of Frame

Pengolahan gambar menjadi suatu yang memiliki daya tarik tersendiri biasanya dilakukan dengan bantuan sebuah software / perangkat. Bisa dengan program khusus komputer maupun aplikasi ponsel. Berbagai istilah telah digunakan untuk menggambarkan proses ini, diantaranya seni komputer (computer Art) dan seni multimedia (Multimedia Art). Bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai “teknik manipulasi gambar / foto” di mana para pengguna bisa men-scan gambar atau langsung di foto dengan kamera untuk kemudian di edit.Hasil dari gambar digital ini juga beragam bentuk, dapat berupa gambar flat, 2D maupun tiga dimensi dengan berbagai macam efek tambahan yang super artistik dan menarik.

Pada postingan kali ini kita akan mempelajari teknik pembuatan digital art. Kita akan membuat topeng dari muka orang. Mari kita praktekkan :

Bahan : foto close up wanita dan 2 pohon berformat png

  1. Pertama, klik ellipse tool untuk membuat pola lingkaran pada wajah wanita ini. Jangan lupa untuk memilih jenis path untuk shape tool ini. Lalu posisikan tepat ditengah wajahnya.b
  2. Lalu kita ke menu edit transform path lalu pilih warp untuk mengatur shape tadi agar mudah dibentuk
  3. Kita bisa mengubah ubah bentuknya dengan cara menarik sudut warp atau handle dari setiap kotaknya. Usahakan serapi mungkin, kurang lebih seperti ini :Jika sudah, aktifkan kembali menu ellipse tool lalu klik kanan make selection. Akan muncul garis kerlip pada pola yang telah dibentuk.
  4. Lalu duplicate layer tersebut 2x. Beri nama circle dan muka lepas.
  5. Setelah itu klik dua kali pada layer circle untuk mengaktifkan bleding mode layer stylenya. Kita atur strokenya. Kita bisa mengatur sizenya, untuk positionnya kita atur menjadi inside agar terlihat kesan dari dalam, lalu atur warnanya, disini saya menggunakan warna putih.bbbbb
  6. Selanjutnya, inner shadow. Inner = Dari dalam , Shadow = Bayangan. Nah kita akan mengatur bayangan dari dalamnya, sehingga menimbulkan kesan menjorok ke dalam. Nah kita bisa atur angle, distance, choke dan sizenya.
  7. Kita ubah fill dari layer circle menjadi 0% dan invisible layer muka lepas.bbbbbbb
  8. Lalu kita drag gambar hutan menuju lembar kerja photoshop. Klik Ctrl + A untuk memilih keseluruhan gambar. Lalu, Ctrl+C untuk mengcopy gambar tersebut.
  9. Kita beralih pada workspace kita tadi, kita tahan Ctrl lalu klik layer Circle. Maka akan muncul garis kerlip lagi. Nah selanjutnya klik layer background.bbbbbbbb
  10. Lalu klik Edit Paste into untuk memasukkan gambar hutan pada mukanya.
  11. Kita akan mengatur posisi hutannya agar full menutupi wajahnya. Sebelumnya klik kanan pada layer masking hutan tadi. Nah, tinggal di posisikan lagi. Jika sudah, Enable Layer Mask.
  12. Setelah itu, masukkan beberapa bahan pohon.png kita, lalu kita atur warnanya agar serupa dengan warna pepohonan pada gambar hutan tadi. Klik Image Color Balance Atur nilai masing masing hingga kurang lebih mirip.
  13. Lalu duplicate layer circle, klik kanan lalu rasterize layer (di Photoshop CS 3 Convert to Smart Object Klik kanan lagi Rasterize Layer)
  14. Lalu add layer mask, nah disini anda bisa menghapus bagian stroke yang menutupi pohon (agar terkesan pohonnya keluar) tapi jangan lupa untuk menginvisible layer circle.bbbbbbbbbbbbb
  15. Lalu pindahkan layer muka lepas ke bagian paling atas. Visible layernya. Lalu posisikan wajahnya.
  16. Terakhir, kita tambahkan efek blur agar editan lebih halus. Klik filter blur smart blur. Selesai

Sekian tutorial dari saya , jika anda masih mengalami kesulitan, anda dapat menyaksikan video tutorial berikut ini :

Advertisements
This entry was posted in Photoshop and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s